"SELAMAT DATANG DI GORESAN Agus Gutherzig... SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA INGINKAN. JANGAN LUPA ISI KOMENTAR YA ATAU BUKU TAMUNYA. ARIGATO GOZAIMASU.. ..." Goresan Tinta Perjalanan "Hidup quW": Dosaku dan Dosamu

Kamis, 24 Maret 2011

Dosaku dan Dosamu

Ya tuhanku, aku bukanlah ahli surga

Namun aku tidak sanggup masuk ke dalam nerakamu

Anugerahilah aku untuk bertobat dan ampunilah dosa-dosaku,

Karena sesungguhnya engkaulah pengampun segala dosa.

Syair di atas adalah hasil terjemahan secara bebas yang penulis terjemahkan dari seorang penyair dari ulama terkemuka yaitu Abu Nawas. Mengingat syair itu, ingin rasanya aku mengajak kita semua untuk introspeksi diri, melihat lagi ke dalam diri kita bahwa di dalamnya masih banyak sekali kekotoran-kekotoran yang belum kita singkirkan bahkan kita senang dengan kekotoran itu.

Jika dalam diri kita masih menyatakan bahwa ada orang lain yang lebih berdosa dari kita, tidak sadarkah kita bahwa sesungguhnya orang yang paling sering kita pantau dan yang paling kita ketahui segala kesalahannya adalah diri kita sendiri.

Kita memantau seseorang hanya sekejap mata dan terkadang hanya dari satu sisi, sedangkan kita memantau diri kita setiap saat dan setiap detik serta dari segala sisi yang kita rasakan. Tapi mengapa kita lebih menemukan banyak kesalahan pada orang lain bukan pada diri kita sendiri ?

Satu pertanyaan yang sesungguhnya dapat menyingkap siapa diri kita sebenarnya adalah :

“Dosaku dan dosamu, manakah yang lebih besar dan lebih banyak ?”

Tidak ada komentar: