"SELAMAT DATANG DI GORESAN Agus Gutherzig... SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA INGINKAN. JANGAN LUPA ISI KOMENTAR YA ATAU BUKU TAMUNYA. ARIGATO GOZAIMASU.. ..." Goresan Tinta Perjalanan "Hidup quW": Selembar Ijazah VS Setitik Ilmu Bermanfaat

Kamis, 24 Maret 2011

Selembar Ijazah VS Setitik Ilmu Bermanfaat

Tidak diragukan lagi, hampir semua orang yang bersekolah bukan berorientasi pada ilmu yang bermanfaat tapi lebih diberatkan kepada selembar ijazah yang mungkin untuk membuatnya membutuhkan waktu tidak lebih dari satu jam. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan yang ada manakala seorang siswa telah lulus dari sekolahnya, yang menjadi acuan utamanya adalah bagaimana mencari kerja dengan menggunakan ijazah yang dimiliki yang telah dia usahakan selama bertahun-tahun.

Ijazah hanyalah sebuah bukti bahwa seorang siswa telah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu. Dengan adanya ijazah dapat diketahui kemampuan seseorang berada pada level yang mana. Sayangnya, jika hal ini disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk meraup keuntungan yang tidak seberapa, maka makna ijazah itu sendiri akan menurun secara drastis. Ijazah tidak lagi mencerminkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Lain halnya dengan ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat tidak dapat dinilai dengan selembar ijazah ataupun berlembar-lembar ijazah atau juga sertifikat apalagi uang. Ilmu yang bermanfaat dapat mendatangkan ijazah, sertifikat, uang, bahkan tahta dan wanita sekalipun.

Tidak ada komentar: